Kamis, 05 Juli 2012

Tarian Morris dari Inggris Raya

Sebuah tarian morris adalah suatu bentuk tarian rakyat Inggris biasanya disertai dengan musik. Hal ini didasarkan pada berirama melangkah dan pelaksanaan tokoh koreografer oleh sekelompok penari. Alat seperti tongkat, pedang, saputangan dan lonceng juga dapat dikerahkan oleh para penari. Dalam sejumlah kecil tarian untuk satu atau dua orang, langkah ini dilakukan dekat dan di sepasang pipa tembakau diletakkan di tanah liat satu sama lain di lantai.
Klaim bahwa catatan Inggris, dating kembali ke 1448, menyebutkan tari morris terbuka untuk sengketa. Tidak ada menyebutkan “morris” menari lebih awal dari abad ke-15 akhir, meskipun catatan awal seperti Bishops ‘”Visitasi Artikel” menyebutkan menari pedang, kegiatan menari guising dan lainnya serta memainkan mumming. Selanjutnya, catatan paling awal selalu menyebutkan “Morys” dalam pengaturan pengadilan, dan baik laki-laki dan perempuan yang disebutkan sebagai menari, dan sedikit kemudian di Walikota Tuhan ‘Prosesi di London. Hanya kemudian bahwa itu mulai disebutkan sebagai sesuatu yang dilakukan di paroki-paroki. Tidak tentu saja tidak ada bukti bahwa itu adalah ritual pra-Kristen, seperti yang sering diklaim.
Pada hari modern, umumnya dianggap sebagai kegiatan unik bahasa Inggris, walaupun ada sekitar sisi morris 150 (atau tim) di Amerika Serikat. ekspatriat Inggris merupakan bagian yang lebih besar dari tradisi morris di Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Hong Kong. Ada kelompok-kelompok terisolasi di negara-negara lain, misalnya yang di Utrecht, Belanda, Arktik Morris Kelompok Helsinki dan Stockholm , serta di Siprus  dan Alsace, Perancis.
Sebelum Perang Saudara Inggris, kaum tani bekerja ikut ambil bagian dalam tarian morris, terutama pada hari-hari Pantekosta. Tahun 1600 aktor William Shakespeare morris Kempe menari dari London ke Norwich, sebuah acara dicatat dalam Sembilan nya Daies Wonder (1600). Pemerintah Puritan Oliver Cromwell, bagaimanapun, ditekan Pentakosta Ales dan acara-acara seperti lainnya. Ketika mahkota dipulihkan oleh Charles II, festival musim semi telah diperbaiki. Secara khusus, Pentakosta Ales datang akan dirayakan pada perayaan Pentakosta, sebagai tanggal bertepatan dengan ulang tahun Charles II.
Morris penari dan seekor kuda hobi: detail dari Thames di Richmond, dengan Old Royal Palace, c.1620
Morris terus menari dalam popularitas sampai revolusi industri dan perubahan sosial yang menyertainya. Empat tim mengklaim keturunan terus menerus tradisi di desa mereka atau kota: Abingdon (tim morris mereka tetap berjalan oleh Family Hemmings), Bampton, Headington Quarry, dan Chipping Campden desa-desa lain telah menghidupkan kembali tradisi mereka sendiri. , dan ratusan tim-tim lain di seluruh dunia telah mengadopsi (dan diadaptasi) tradisi ini, atau telah menciptakan gaya mereka sendiri dari blok bangunan dasar dari morris melangkah dan angka.
Beberapa folklorists Inggris bertanggung jawab untuk merekam dan menghidupkan kembali tradisi di awal abad 20, sering dari segelintir telanjang bertahan anggota sisi desa pertengahan abad ke-19. Di antaranya, yang paling menonjol adalah Cecil Sharp, Maud Karpeles, dan Mary Neal.
Boxing Day 1899 secara luas dianggap sebagai titik awal bagi kebangkitan morris. Cecil Sharp mengunjungi di rumah seorang teman di Headington, dekat Oxford, ketika pihak Headington morris Quarry tiba untuk melakukan. Sharp tergugah oleh musik dan mengumpulkan lagu beberapa dari musisi sisi, William Kimber, tidak sampai sekitar satu dekade kemudian, bagaimanapun, ia mulai mengumpulkan tarian, mendorong dan pada awalnya dibantu oleh Mary Neal, pendiri Club Esperance ( sebuah penjahitan koperasi dan klub untuk wanita muda yang bekerja di London), dan Herbert MacIlwaine, direktur musik dari Klub Esperance. Neal sedang mencari tarian untuk anak-anaknya untuk tampil, dan kinerja kebangkitan pertama oleh perempuan muda di London.
Pada beberapa dekade pertama abad ke-20, sisi beberapa pria’s dibentuk, dan pada 1934 Ring Morris didirikan oleh enam sisi kebangunan rohani. Pada tahun 1960 dan terutama tahun 1960-an, terjadi ledakan tim tari baru, sisi beberapa dari mereka perempuan atau campuran. Pada saat itu, sering kali ada perdebatan sengit atas kepatutan dan bahkan legitimasi perempuan menari morris, meskipun ada bukti sejauh abad ke-16 yang ada morris penari wanita. Sekarang ada sisi laki-laki, perempuan dan diramu untuk ditemukan.
Sebagian karena perempuan dan sisi campuran yang tidak memenuhi syarat untuk keanggotaan penuh dari Ring Morris, dua nasional lainnya (dan internasional) tubuh dibentuk, Federasi Morris dan Open Morris. Semua tiga badan menyediakan komunikasi, saran, asuransi, instructionals (sesi mengajar) dan peluang sosial dan menari kepada anggotanya. Tiga tubuh bekerja sama dalam beberapa hal, sambil mempertahankan identitas mereka yang berbeda.

Hari ini, ada enam gaya dominan morris menari, dan tarian yang berbeda atau tradisi dalam setiap gaya dinamai daerah asal mereka:
Cotswold morris: tarian dari daerah terutama di Gloucestershire dan Oxfordshire, sebuah ironi yang didirikan, sejak Cotswolds tumpang tindih wilayah ini hanya sebagian. Biasanya berdansa dengan sapu tangan atau tongkat untuk mengiringi gerakan tangan.
North West morris: militer yang lebih dalam gaya dan sering prosesi.
Perbatasan Morris dari perbatasan Inggris-Welsh: sebuah, sederhana longgar, lebih gaya kuat, biasanya menari dengan wajah hitam (atau kadang-kadang dinyatakan berwarna, mengingat konotasi negatif bagi beberapa Blackface).
Longsword dari Yorkshire dan selatan Durham.
Rapper atau menari pedang pendek dari Northumberland dan Co Durham.
Molly Dancing dari Midlands Inggris dan East Anglia.

2 komentar:

  1. sambil blog walking sambil ngomentar ah....
    ilmu, baru makasih loh mihihihi :D

    BalasHapus
  2. Thiety, bisa kagak nari MORRIS? upload donk di YouTube, biar bisa di saksikan ama sejuta umat manusia.

    BalasHapus